RizkI Irwina Safitri Drajat, 115060280 (2016) PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
lanjutan bab 1.docx Download (18kB) |
|
Text
terusan bab 1.docx Download (79kB) |
|
Text
lanjutan bab 2.docx Download (17kB) |
|
Text
terusan bab 2.docx Download (41kB) |
|
Text
lanjutan bab III.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
terusab bab 3.docx Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
LANJUTAN BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
TERUSAN BAB 4.docx Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
LANJUTAN BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
TERUSAN BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 DurajayaKecamatan Greged Kabupaten Cirebon dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 31 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajar IPA yang kurang bermakna, masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasisains dan pretasi siswa pada pembelajaran IPA materi perubahanwujudbenda melalui model pembelajaran inkuiri. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan hasil belajar dan hasil tes yaitu pada pembelajaran pra tindakan nilai rata – rata sebesar 55, 65, pada siklus I nilai rata – rata 67,58 dan menjadi 85,80 pada siklus I. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPA maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, Penelitian Tindakan Kelas, pembelajaran IPA, dan materi Cara PerubahanWujud Benda.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 15:06 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 15:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7755 |
Actions (login required)
View Item |