PERMATASARI PUTRI, 215050011 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MATH CITY MAP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN PUTRI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map. (4) Mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan Math City Map terhadap peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent control group. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMAN 1 Padalarang dengan sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-12 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-11 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes angket SelfEfficacy. Instrumen divalidasi dan diujicobakan, hasilnya dinyatakan valid dan memenuhi kualitas kelayakan soal yang baik. Analisis data menggunakan IBM SPSS 27 for Windows. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map. (4) Efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Math City Map terhadap peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Math City Map, Problem-Based Learning, Self-Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:03 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |