PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

NURSABANI RIZKI, 215060106 (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik pembelajaran matematika materi pecahan. Pemahaman peserta didik belum tercapai sesuai dengan harapan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian model Problem Based Learning yang dapat peningkatan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pada pemahaman peserta didik menggunakan model Problem Based Learning dan perbedaan peningkatan pemahaman peserta didik model Problem Based Learning dan model konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman signifikan dan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman peserta didik yang signifikan antara kelas yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvensional dan memiliki efek yang besar dalam peningkatan pemahaman peserta didik. Hal tersebut dibuktikan oleh uji-t pada Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan dan memiliki efek yang besar dalam peningkatan pemahaman peserta didik yang di buktikan oleh uji n-gain sebesar 0,7699 dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Model Problem Based Learning dan Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:36
Last Modified: 22 Jul 2025 07:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77110

Actions (login required)

View Item View Item