PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

PUTRA MOCHAMMAD SAMUDRA, 215060104 (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (507kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar peserta didik, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pangauban Banjaran. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media Wordwall di Kelas IV B dan kelompok kontrol di Kelas IV A yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di sekolah tersebut, kelompok ini dipilih dengan teknik teknik sampling, khususnya Probability Sampling, yang mencakup Cluster Sampling (area sampling). Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes. Hasil Uji Prasyarat menunjukan data beritribusi normal dan homogen, kemudian dianalisis dengan menggunkan uji-t. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerpan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Pangauban Banjaran. Oleh karena itu, disarankan model Contextual Teaching and Learning diimplementasikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Kata kunci: Pengaruh, Contextual Teaching and Learning, wordwall, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:04
Last Modified: 22 Jul 2025 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77109

Actions (login required)

View Item View Item