PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN APLIKASI LET’S READ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas IV SD Negeri Lebakwangi 02 Kabupaten Bandung

NURAENI SITI, 215060020 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN APLIKASI LET’S READ TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment di Kelas IV SD Negeri Lebakwangi 02 Kabupaten Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESEHAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SDNLebakwangi 02. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi let’s read terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IVA yang berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB yang berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol berjalan dengan baik dan lancar, hal ini ditandai dengan terdapat perbedaan dan peningkatan pada hasil pretest dan posttest. Pada pretest kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata sebesar 75,19 kemudian meningkat pada posttest menjadi 87,77. Sedangkan, pada kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata skor pretest sebesar 74,15 dan rata-rata skor posttest sebesar 76,58. Selain itu, peningkatan dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yaitu sebesar 30% pada kelas eksperimen dan 17% pada kelas kontrol. Sementara itu, hasil uji effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi let’s read memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik dengan diperoleh nilai effect size sebesar 1,49 yang termasuk dalam kategori efek besar. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa kemampuan membaca pemahaman peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan aplikasi let’s read. Kata Kunci: Kemampuan membaca pemahaman, let’s read, model kooperatif tipe make a match, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:44
Last Modified: 22 Jul 2025 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77105

Actions (login required)

View Item View Item