AQILA BALQIS SAHLA, 215030041 (2025) PENERAPAN METODE LISTENING IN ACTION BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI DORATOON DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS HIKAYAT PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 20 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi teks hikayat menjadikan latar belakang adanya penelitian ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran teks hikayat adalah kurangnya inovasi pendidik dalam menggunakan metode dan media pembelajaran. Penggunaan metode dan media yang kurang inovatif dan kreatif menjadikan pembelajaran terkesan membosankan dan peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Maka dari itu, penulis ingin melaksanakan penelitian menggunakan metode Listening in Action berbantuan media video animasi Doratoon. Dengan tujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan mengidentifikasi teks hikayat antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode Listening in Action berbantuan media video animasi Doratoon dengan peserta didik kelas kontrol yang hanya menggunakan metode diskusi dan media powerpoint. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan mengidentifikasi teks hikayat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil sig. uji Independent sample t test. Hasil sig. dari uji tersebut adalah 0,013 < 0,050 yang artinya terdapat hasil yang signifikan. Perbedaan tersebut dapat dibuktikan dari rata-rata nilai yang didapatkan oleh peserta didik. Rata-rata prates kelas eksperimen dari 51,03 menjadi 81,68 pada hasil pascates kelas eksperimen. Rata-rata kelas kontrol dari 47,65 menjadi 74,71 pada hasil pascates. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates di kelas eksperimen sebesar 81,68 sedangkan di kelas kontrol sebesar 74,71. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan dapat dikatakan berhasil dengan baik. Kata Kunci : Doratoon, Listening in Action, teks hikayat.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Jul 2025 06:23 |
Last Modified: | 18 Jul 2025 06:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |