KAISAR MUHAMAD ERSA, 215030014 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN STRATEGI RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 8 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya menulis teks deskripsi yaitu penggunaan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang inovatif dan monoton sehingga peserta didik merasakan bosan pada saat pembelajaran menulis teks deskripsi. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic) berbantuan media Wordwall dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, serta menganalisis perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi di kelas eksperimen yang menggunakan strategi RAFT dan di kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimen, dengan desai Quasi Experimental. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskripsi antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan strategi RAFT dan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independent Sample Test yang menunjukan nilai sig. sebesar 0,002 < 0,05. Adapun strategi RAFT berbantuan media Wordwall efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji N-Gain yang menunjukan hasil nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen yaitu sebesar 77.2725 > 76 sehingga dapat dikatakan bahwa RAFT berbantuan media Wordwall berkategori efektif. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 24.0988 < 40 sehingga dapat dikatakan bahwa metode Diskusi berkategori tidak efektif. Dapat dilihat juga dari hasil nilai rata-rata pretest dan posttest dari kedua kelas tersebut. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 56,2 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 86. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 47,2 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 60,8 Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 29,8. Sedangkan pada kelas kontrol terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,6. Dengan ini pembelajaran dilaksanakan berhasil dengan baik. Kata Kunci: Menulis, Teks Deskripsi, Strategi RAFT, Media Wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:50 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77080 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |