Fadillah Anastya Gustyani, 215030034 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN METODE TECHNOLOGY ENHANCED LEARNING PADA PESERTA DIDIK FASE D SMPN 2 PUSAKAJAYA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
Abstract
Rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi menulis teks laporan hasil observasi menjadi latar belakang dari penelitian ini. Salah satu penyebab utama rendahnya kemampuan tersebut adalah metode pembelajaran yang kurang inovatif dan kreatif, yang mengakibatkan proses belajar menjadi monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan menerapkan metode Technology Enhanced Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode Technology Enhanced Learning dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, serta untuk menilai kemampuan peserta didik dalam menulis teks tersebut. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji perbedaan kemampuan menulis antara peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan metode Technology Enhanced Learning dan peserta didik di kelas kontrol yang hanya menggunakan metode diskusi. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan Quasi Experimental Design. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, dibuktikan dalam merencanakan pembelajaran mendapatkan skor 3,93 dan dalam melaksanakan pembelajaran mendapatkan nilai 4 dengan kategori sangat baik; 2) kemampuan peserta didik dalam menulis teks laporan hasil observasi mengalami peningkatan yang signifikan, dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen pada prates 55,45 dan pascates 90, pada kelas kontrol nilai prates 42,8 dan pascates 49,8; 3) metode Technology Enhanced Learning efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan dibuktikan melalui uji Independent Sample T Test. Hasil signifikansi dari uji tersebut adalah 0,000 < 0,05., artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis teks laporan hasil observasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, metode Technology Enhanced Learning terbukti efektif dalam pembelajaran penulisan teks laporan hasil observasi dan dianggap berhasil dengan baik. Kata Kunci: Menulis, Technology Enhanced Learning, Teks Laporan Hasil Observasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:32 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 03:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |