PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PEMELAJAR BIPA 4 DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL

AGUSTI YOGI, 215030044 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PEMELAJAR BIPA 4 DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (956kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara pemelajar BIPA 4 serta terbatasnya media ajar interaktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media ajar berbasis wordwall untuk meningkatkan keterampilan berbicara pemelajar BIPA 4 di Bandung Independent School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah pengembangan menggunakan model 4-D yakni define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik media ajar BIPA 4 di Bandung Independent School masih bersifat multiplatform berbasis materi autentik yang dinilai belum mampu meningkatkan kemampuan berbicara. Pengembangan media ajar berbantuan wordwall menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan kemampuan berbicara dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Media ajar yang dikembangkan memperoleh nilai sangat baik dari para praktisi BIPA, dengan skor 100% pada seluruh aspek penilaian, seperti kesesuaian dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian isi, kebahasaan, tampilan visual, dan interaktivitas. Hasil uji coba terbatas memperlihatkan peningkatan keterampilan berbicara pemelajar secara signifikan. Rata-rata hasil uji coba meningkat sebesar 10,37% setelah penggunaan media. Pemelajar menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif dalam sesi pembelajaran. Pengajar menyatakan bahwa media ini mudah digunakan dan mempermudah proses pembelajaran. Dengan demikian, media ajar berbantuan wordwall dinilai efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pemelajar BIPA 4 di Bandung Independent School dan lebih layak dari media ajar sebelumnya. Kata kunci: keterampilan berbicara, pengembangan media ajar, wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:18
Last Modified: 16 Jul 2025 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77069

Actions (login required)

View Item View Item