PUTRI TARISA AMALIA, 215060002 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN APLIKASI LITERACY CLOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SD Negeri 042 Gambir Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (42MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 042 Gambir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VC yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol berjalan dengan baik dan lancar, hal ini ditandai dengan terdapat perbedaan dan peningkatan pada hasil pretest dan posttest. Pada pretest kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata sebesar 41,88, kemudian meningkat pada posttest menjadi 77,29. Sedangkan, pada kelas kontrol hanya mendapatkan rata-rata skor pretest sebesar 39,38 dan rata-rata skor posttest sebesar 67,71. Selain itu, peningkatan dalam penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yaitu sebesar 61% pada kelas eksperimen dan 46% pada kelas kontrol. Sementara itu, hasil uji effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik dengan diperoleh nilai effect size sebesar 1,09 yang termasuk dalam kategori efek besar. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud. Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, literacy cloud, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:41 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |