SAPUTRA ADE NOVITA NURCHOLISCIN, 215060146 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS III SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran Whole Language yang dibantu media flash card terhadap keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas III sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis deskripsi siswa, yang dipengaruhi oleh kurangnya variasi model pembelajaran dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Whole Language dengan bantuan flash card dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain non equivalent control group. Subjek penelitian adalah siswa SDN 033 Asmi Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran dengan model Whole Language berbantuan flash card, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan menulis deskripsi siswa di kelas eksperimen. Analisis statistik menggunakan uji-t dan perhitungan effect size menunjukkan bahwa model Whole Language berbantuan flash card memberikan pengaruh yang kuat dan positif. Model ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses menulis melalui kombinasi media visual dan pengalaman belajar yang kontekstual. Berdasarkan temuan tersebut, model Whole Language berbantuan media flash card direkomendasikan sebagai alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Whole Language, Flash Card, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 09:28 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 09:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |