RAHAYU DEWI, 215060047 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PESERTA DIDIK KELAS III (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperiment Pada Peserta Didik Kelas III di SDN 125 Taruna Karya Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III SDN 125 Taruna Karya Kota Bandung T.A 2024/2025 dikarenakan pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Hal ini menjadikan peserta didik hanya sebagai penerima materi dan pembelajaran pasif yang kurang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan dan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 125 Taruna Karya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan kelompok pembanding. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas III SDN 125 Taruna Karya sebanyak 49 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu III B sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall sedangkan kelas III A sebanyak 20 peserta didik dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini dengan menggunakan model Problem Based Learning, diperoleh data bahwa dari pertemuan satu hingga pertemuan ketiga dilaksanakan dengan baik dengan perolehan nilai rata-rata pretest 53,30 posttest 78.80 sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata pretest 43,20 posttest 61,75. Penelitian selanjutnya bahwa pengaruh model Problem Based Laerning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas III SDN 125 Taruna Karya dengan materi mengenal sumber energi. Dari perhitungan Uji t Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05, maka sebagaimana dalam pengambilan keputusan uji hipotesis independent sample t Test menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan pengujian menggunakan Effect Size sebesar 1,93 dengan kategori besar. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall berpengaruh besar terhadapa hasil belajar peserta didik kelas III SDN 125 Taruna Karya. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sumber Energi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |