ANALISIS STILISTIKA TERHADAP PENGGUNAAN GAYA BAHASA SINDIRAN IRONI, SINISME, DAN SARKASME PADA KANAL YOUTUBE SANTOON TV EDISI 2024 DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT DI SMA FASE E

Neydiani Ilmi Azzahra, 215030007 (2025) ANALISIS STILISTIKA TERHADAP PENGGUNAAN GAYA BAHASA SINDIRAN IRONI, SINISME, DAN SARKASME PADA KANAL YOUTUBE SANTOON TV EDISI 2024 DAN PEMANFAATANYA SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT DI SMA FASE E. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar bahasa Indonesia di sekolah, ketidakmerataan dan sifat bahan ajar yang masih konvensional, monoton, serta kurang menarik bagi peserta didik menyebabkan rendahnya minat motivasi belajar khususnya dalam pembelajaran menulis teks anekdot di SMA Fase E. Tujuan penelitian ini yaitu, menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa sindiran dalam video Santoon TV menggunakan pendekatan stilistika, mendeskripsikan relevansi konten video animasi Santoon TV dengan Capaian Pembelajaran serta Tujuan Pembelajaran menulis Fase E sesuai Kurikulum Merdeka, dan menjadikan hasil analisis dapat dijadikan suatu bahan ajar untuk SMA Fase E. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu konten video dari kanal YouTube Santoon TV Edisi 2024. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat 51 kutipan dialog yang mengandung gaya bahasa sindiran yaitu ironi, sinisme, dan sarkasme. Dari jumlah tersebut ditemukan 13 contoh penggunaan ironi, 26 contoh penggunaan sinisme, dan 12 contoh penggunaan sarkasme. Data tersebut menunjukkan bahwa ketiga gaya bahasa sindiran dapat dianalisis melalui pendekatan stilistika. Penggunaan gaya bahasa sindiran dalam Santoon TV juga memiliki relevansi yang cukup erat dengan Capaian Pembelajaran maupun Tujuan Pembelajaran menulis pada Fase E berdasarkan kurikulum merdeka. Adapula hasil analisis tersebut dapat dijadikan bahan ajar untuk SMA Fase E, yang berbentuk LKPD digital melalui aplikasi Wizer.me. Di atas itu, hasil analisis stilistika terhadap Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran Ironi, Sinisme, dan Sarkasme pada Kanal YouTube Santoon TV Edisi 2024 dan Pemanfaatanya sebagai Bahan Ajar Menulis Teks Anekdot untuk SMA Fase E, menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Gaya Bahasa, Sindiran, Teks Anekdot, Santoon TV.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:44
Last Modified: 11 Jul 2025 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77043

Actions (login required)

View Item View Item