Sonjaya Frieska Zahira, 215060069 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas V yang masih rendah, sehingga mempengaruhi hasil belajar matematika yang masih belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Kahoot Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar.” Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran, menganalisis peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik, dan mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Kahoot terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Baleendah 02. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis, effect size, dan uji N-Gain dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Kahoot dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Terlihat dalam uji effect size hasil perhitungan untuk kedua kelas tersebut yaitu sebesar 1,07 yang mana berdasarkan tabel indeks effect size nilai tersebut lebih besar dari 0,8, yang artinya pengaruh kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Aplikasi Kahoot lebih besar dibanding peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis dengan menghitung nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori peningkatan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Kahoot dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar sekitar 72%. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Problem Based Learning, Kahoot, Peserta Didik Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:22 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |