SUSILAWATI,SUSI, 215060076 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (921kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar matematis peserta didik kelas II yang masih rendah, sehingga pencapaian hasil belajar matematis peserta didik masih banyak yang belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memahami proses pembelajaran, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan wordwall terhadap hasil belajar matematis peserta didik. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas II di SDN 020 Lengkong Besar Kota Bandung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 020 Lengkong Besar yang berjumlah 84 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas II B yang berjumlah 28 orang dan II C berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, hasil belajar matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan wordwall lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Hasil belajar matematis peserta didik dari hasil uji effect size yaitu sebesar 0,747 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan wordwall dapat memiliki dampak yang positif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, model pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematis, Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Wordwall, Peserta Didik Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |