Noventi Nadia, 215060154 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SDN Cipancur yang masih belum memahami pemahaman konsep IPAS karena model pembelajaran dan media pembelajaran yang tidak sesuai sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga berdampak pada pemahaman konsep pada materi IPAS. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS Siswa Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperiment dan desain Nonquivalent Control Group Desaign. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Cipancur sebanyak 52 siswa, terdiri dari dua kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest sebanyak 20 soal, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji n-gain, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Canva berjalan dengan lancar, terdapat peningkatan pada aktivitas pendidik maupun peserta didik pada setiap pertemuan pembelajaran. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPAS peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Canva, yaitu diperoleh data hasil pretest kelas VA sebesar 51.15 dan untuk kelas VB diperoleh nilai sebesar 37.69. Sedangkan setelah peserta didik diberikan posttest, didapat hasil pada kelas VA memiliki rata-rata sebesar 90.69 dan kelas VB sebesar 68.58. selain itu dilakukan dengan uji t menunjukan hasil nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.001 < 0.5, Berdasarkan hasil uji N-Gain pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Canva didapatkan hasil sebesar 80% dengan kategori Efektif. Berdasarkan hasil uji effect size pada penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Canva didapatkan hasil sebesar 1.7 berkategori sangat besar, artinya model Problem Based Learning berbantuan Canva berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V SD. Kata kunci: Problem Based Learning , Canva, Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:53 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |