PENGGUNAAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) MELALUI PEER ASSESSMENT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING

DIAN KURNIAWAN, NPM. 128612054 (2014) PENGGUNAAN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) MELALUI PEER ASSESSMENT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only until 2014.

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only until 2014.

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only until 2014.

Download (26MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan mathematical problem solving mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1 di tinjau dari gaya belajar setelah mendapatkan pembelajaran Assessment For Learning Melalui Peer Assessment. Dipilih dua kelas secara acak dengan cluster random sampling untuk dijadikan sampel penelitian, kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas IC sebagai kelas eksperimen dan kelas IB sebagai kelas control. Metode penelitian ini adalah mix method. Berdasarkan analisis data, mahasiswa yang menggunakan assessment for learning melalui peer assessment mempunyai kemampuan mathematical problem solving lebih baik dari mahasiswa yang tidak menggunakan assessment for learning melalui peer assessment ditinjau dari gaya belajar yang digunakan, dan berdasarkan kualitas gain ternormalisir. Hasil analisis gain ternormalisir peningkatan mathematical problem solving mahasiswa yang memperoleh assessment for learning melalui peer assessment lebih baik dari mahasiswa yang tidak memperoleh assessment for learning melalui peer assessment berdasarkan kualitas gain ternormalisir. Gaya belajar yang lebih dominan digunakan adalah auditori, hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa lebih berfokus pada kemampuan bicara, berdiskusi, pendengar yang baik, mempunyai konsentrasi yang baik, dan hanya dapat belajar apabila lingkungan belajarnya kondusif dalam arti lingkungannya sunyi tidak terganggu oleh keributan. Mahasiswa mampu melakukan diskusi dengan baik, memberikan umpan balik berupa pertanyaan, tanggapan dan sanggahan terhadap bahan ajar dan lembar kerja yang dikerjakan secara bersama-sama, dan mampu melakukan penilaian dengan baik terhadap hasil pekerjaan temannya melalui peer assessment. Dan terdapat interaksi antara gaya belajar dengan kemampuan mathematical problem solving mahasiswa dilihat dari kualitas gain ternormalisir. Kata kunci : Assessment For Learning Melalui Peer Assessment, Kemampuan Mathematical Problem Solving dan Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Mar 2016 04:06
Last Modified: 05 Mar 2016 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item