PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DARI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SEKOLAH DASAR (Metode Quasi Eksperiment Pada Pembelajaran Peserta Didik Kelas II SDN 259 Griya Bumi Antapani)

RIDWAN NAZWA ALFAIZA, 205060180 (2025) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DARI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SEKOLAH DASAR (Metode Quasi Eksperiment Pada Pembelajaran Peserta Didik Kelas II SDN 259 Griya Bumi Antapani). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan peserta didik SDN 259 Griya Bumi Antapani. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media gambar dari canva terhadap kemampuan menulis permulaan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan populasi penelitian mencakup peserta didik kelas II di sekolah tersebut dengan total 57 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yang mana Kelas IIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretes serta postes dan juga observasi. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS statistik 30. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media gambar dari canva berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis independen sampel t test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,001<0,05 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Hasil uji effect size dengan nilai sebesar 0,5166 yang diinterpretasikan sebagai efek yang besar. Hasil NGain pada kelas eksperimen adalah 0,65 atau 65% dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Sedangkan untuk kelas eksperimen hasil N-Gain mendapatkan nilai sebesar 0,52 atau 52% yang dikategorikan peningkatan rendah. Selain itu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 75,714. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media gambar dari canva efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik kelas II Sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Gambar Canva, Kemampuan Menulis Permulaan Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:31
Last Modified: 22 Apr 2025 01:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75123

Actions (login required)

View Item View Item