Yusup Rizky Saepul, 195060022 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III DI SDN MAJASETRA 1 (Penelitian Quasi Experiment di Kelas III SDN Majasetra 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kreativitas guru dalam penggunaan model pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran dan dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA antara kelas konvensional dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Majasetra 1 yang terdiri dari 2 kelas yaitu III A sebagai kelas eksperimen dan III B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 58 responden.Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan tes dan observasi. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masing-masing kelas sampel penelitian berupa soal yang sama dan lembar observasi penilaian sikap sosial. Setelah data hasil tes diperoleh, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji normalitas, uji Mann-Whitney, uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan kelas konvensional berdasarkan hasil uji Mann-Whitney yang dihasilkan nilai. signifikansi 0,00<0,05. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ipa kelas III SDN Majasetra 1 berdasarkan hasil uji Mann Whitney dihasilkan nilai signifikansi 0,00<0,05. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, IPA, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 01:22 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 01:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |