PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)

Alamsyah Rafli, 195050026 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover.pdf

Download (95kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (604kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
dafpus.pdf

Download (259kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat perlu ditingkatkan, karena melalui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat menyelesaikan masalah secara sistematis di suasana pembelajaran maupun kehidupan sehari hari. Model Problem-Based Learning, dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-confidence siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan memakai model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional 2) Mengetahui Self-Confidence peserta didik yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Mengetahui korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Confidence peserta didik yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas VIII-B digunakan sebagai kelas eksperimen yang menerima perlakuan model ProblemBased Learning dan siswa kelas VIII-D digunakansebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1)Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem based-learning lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 2) Kepercayaan diri siswa yang memperoleh model pembelajaran problem based-learning lebih baik dibandingkan dengan kepercayaan diri siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. 3) Terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan selfconfidence siswa yang mendapatkan problem based-learning. Kata Kunci :Pemecahan Masalah Matematis, Self -Confidence, Problem-Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:04
Last Modified: 21 Apr 2025 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75069

Actions (login required)

View Item View Item