Amran Amardila Narizka, 205030058 (2025) PENERAPAN METODE ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARANMENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR STORYBOARD BERORIENTASI PADA BERPIKIR KREATIF UNTUK SISWA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan peserta didik pada kemampuan menulis teks cerita pendek dan sulitnya mengembangkan ide. Faktor yang menyebabkan hal ini yaitu kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran yang kreatif dan informatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks cerita pendek menggunakan metode estafet writing menggunakan media gambar storyboard pada peserta didik kelas XI SMAN 2 Purwakarta serta untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis cerpen berorientasi pada berpikir kreatif menggunakan metode estafet writing menggunakan media gambar storyboard dan kelas kontrol tanpa menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir serta kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi data prates dan pascates dari peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas XI SMAN 2 Purwakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan metode estafet writing menggunakan media gambar storyboard. Terdapat peningkatan rata-rata Prates dari nilai 53,71 menjadi 93,14 pada pascates di kelas eksperimen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 93,14 sedangkan kelas kontrol 66,71. Kata kunci : Metode Estafet Writing, Pembelajaran menulis teks cerpen.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:45 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/75040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |