KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN E-KTP DI KECAMATAN BANDUNG KULON KOTA BANDUNG

Rezky, Evan (2025) KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN E-KTP DI KECAMATAN BANDUNG KULON KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Lembar Pengesahan Evan Rezky.docx

Download (111kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (114kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI EVAN REZKY.docx

Download (287kB)
[img] Text
Daftar isi.docx

Download (109kB)
[img] Text
ABSTRAK EVAN REZKY.docx

Download (105kB)
[img] Text
Kata Pengantar Evan Rezky.docx

Download (107kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (208kB)

Abstract

Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP) merupakan program pemerintah Indonesia yang dilaksanakan untuk meningkatkan akurasi data kependudukan. Pembuatan e- KTP merupakan salah satu wujud pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat. Pemberian pelayanan pada setiap instansi pemerintahan, dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima termasuk di Kecamatan Bandung Kulon yang mejalankan tugas dalam hal pelayanan administrasi kependudukan yakni pelayanan e-KTP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai pengalaman masyarakat dan pegawai dalam pembuatan e-KTP Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas serta hambatan dalam pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP di Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskrtiptif kualitatif, adapun sumber data dan informasi dilakukan melalui survey penelitian, wawancara dan dokumen yang relevan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan warga yang telah menjalani proses pembuatan e-KzTP, serta pegawai yang terlibat dalam pelayanan. Observasi langsung juga dilakukan di kantor pelayanan untuk mendapatkan konteks yang lebih jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP di Kecamatan Bandung Kulon sudah diterapkan sesuai prosedur yang berlaku, namun ada beberapa indikator yang menjadi hambatan yaitu adanya gangguan jaringan internet (wifi) yang kurang stabil sehingga menyebabkan down server dan membuat keterlambatan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan e-KTP, selain itu keterbatasan stok blangko yang diterbitkan oleh Kemendagri juga menjadi penyebab lambatnya pelayanan publik dalam pembuatan e-KTP di Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Pembuatan e-KTP, Kecamatan Bandung Kulon.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:57
Last Modified: 17 Apr 2025 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74964

Actions (login required)

View Item View Item