PENERAPAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

SILALAHI YUNICHI C., 195050035 (2025) PENERAPAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (176kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruhi keefektifan kegiatan pembelajaran dan dapat mempengaruhi tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembaharuan terhadap model dan media pembelajaran agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) berbantuan Geogebra. Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat dikuasai dengan baik jika didukung dengan kemampuan afektif, salah satunya adalah kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SSCS berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) apakah kemandirian belajar siswa yang memperoleh moel pembelajaran SSCS berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran SSCS berbantuan Geogebra. Metode penelitian yang digunakan yaitu esperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 12 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SSCS berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran SSCS berbantuan Geogebra lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) tidak terdapat korelasi antara model pembelajaran SSCS berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Search, Solve, Create, and Share (SSCS), dan Geogebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:17
Last Modified: 27 Feb 2025 01:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74689

Actions (login required)

View Item View Item