Hernawati, 115060173 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
ABSTRAK.docx Download (22kB) |
|
Text
Kata Pengantar, Ucapan terimakasih, dan daftar isi,tabel dan gambar edit.docx Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (101kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
Abstract
Penelitian Penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya pada siswa kelas IV SDN Buluh panca dilatarbelakangi dengan rendahnya kualitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pembelajaran yang diberikan secara konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan siswa tidak mampu untuk berinterakasi dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan pretest siswa pada siklus I dengan ketuntasan 20,8% dan siklus II dengan ketuntasan 45,8%. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, aktivitas dan kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together. Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana tiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, angket, wawancara dan lembar test. Perencanaan dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered heads together ini menekankan pada pola interaksi siswa dalam kelompok sehingga mereka dapat saling membantu dalam memahami materi dan memecahkan suatu masalah secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Hasil postest dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan persentase 41,6% pengamatan kerja sama siswa dengan persentase 46% dan siklus II dengan pesentase 91,6% pengamatan kerja sama siswa dengan persentase 87%. Dengan demikian, penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together, kerja sama dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 17:09 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 17:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7465 |
Actions (login required)
View Item |