Noviyanti Ramadhina Adinda, 205060133 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN APLIKASI EDUCANDY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (Metode Quasi Eksperiment Pada Pembelajaran Peserta Didik Kelas V SDN 067 Nilem). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
3. PENGUJI.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (820kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (831kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (523kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman yang meliputi kemampuan dalam memahami ide pokok, makna bacaan, serta kesimpulan peserta didik SDN 067 Nilem. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dengan bantuan aplikasi educandy terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V Sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas V di sekolah tersebut dengan total 54 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yang mana Kelas VA dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretest serta post test dan juga observasi. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS statistik 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dengan bantuan aplikasi educandy berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis independen sampel t test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,020<0,05 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 0,636 yang diinterpretasikan sebagai efek yang besar. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,60 atau 60% yang dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Sedangkan untuk kelas eksperimen hasil N-Gain hanya mendapatkan nilai sebesar 0,11 atau 11% yang dikategorikan peningkatan rendah. Selain itu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,18 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 64,44. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan pembelajaran kelas eksperimen peserta didik lebih aktif bertanya serta berdiskusi dalam memahami materi ajar yang dikemas dalam bentuk menyusun kata dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dengan bantuan aplikasi educandy efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V Sekolah dasar. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Scrambel, Kemampuan Membaca Pemahaman
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 04:07 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 04:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |