FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LINKEDIN SEBAGAI INFORMASI LAPANGAN PEKERJAAN

Salma, Tazkia Meutia (2024) FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LINKEDIN SEBAGAI INFORMASI LAPANGAN PEKERJAAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Secara umum, LinkedIn telah menjadi platform yang semakin populer di kalangan pencari kerja, terutama bagi para Fresh Graduate, karena menawarkan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dan mengakses informasi lowongan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali fenomena penggunaan media sosial LinkedIn sebagai sumber informasi lapangan pekerjaan di kalangan Fresh Graduate Universitas Pasundan Bandung. Fenomena ini dipahami dalam konteks teori fenomenologi Alfred Schutz, yang menekankan pada pemahaman subjektif individu terhadap dunia sosial dan pengalaman mereka. Seiring dengan berkembangnya teknologi, LinkedIn telah menjadi platform utama dalam mencari peluang karier, baik melalui pencarian langsung maupun sebagai alat untuk membangun jaringan profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam (in-depth interview) kepada 8 Fresh Graduate Universitas Pasundan Bandung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori fenomenologi untuk menggali motif, makna dan tindakan yang dialami oleh para Fresh Graduate dalam menggunakan LinkedIn sebagai alat pencarian pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan menggunakan LinkedIn sebagai sarana untuk memperluas jaringan profesional dan mengakses informasi lowongan pekerjaan yang relevan. Motif utama mereka adalah untuk membangun personal branding dan meningkatkan visibilitas di dunia profesional. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya informasi terkait lowongan pekerjaan yang sesuai, adanya scam dan kurangnya pemahaman mengenai penggunaan fitur Linkedin secara maksimal. LinkedIn memberikan manfaat dalam mencari informasi pekerjaan, masih diperlukan upaya lebih dalam mengedukasi pengguna agar bisa memaksimalkan potensi platform ini dalam pencarian karier. Selain itu, implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi Fresh Graduate dan lembaga pendidikan dalam memanfaatkan LinkedIn secara optimal dalam upaya pencarian pekerjaan. Kata Kunci: Fresh Graduate, Informasi Pekerjaan, Jaringan, LinkedIn

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 18 Dec 2024 04:11
Last Modified: 18 Dec 2024 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74553

Actions (login required)

View Item View Item