PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI

MELINDA APRIYANI, 115060080 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER HALAMAN AWAL baru pisan.docx

Download (47kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK MELINDA.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK MELINDA INGGRIS.docx

Download (17kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR Melinda.docx
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIHhhh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI FIX SKRIPSI MELINDA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
BAB I FIX MELINDA.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB III FIX MELINDA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV FIX MELINDA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB V FIX MELINDA.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BAB II.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN Sukaasih Desa Pangguh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Pada pembelajaran IPS tentang Persebaran Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah sumber belajar yang hanya terpaku pada buku saja, kurangnya kreatifitas guru dalam memilih metode dan model pembelajaran, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga tidak menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Tujuan penneliti yaitu ingin memperoleh data tentang persiapan guru merancang rencana pembelajaran, meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Sukaasih. Model PBL berguna untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2008: 105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh skor sebesar 3.4, siklus II 3.6 dan siklus III 3.8. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai skor sebesar 3.4, siklus II 3.6 dan siklus III 3.8. Adapun nilai motivasi memperoleh persentase siklus I 56%, siklus II 72% dan siklus III 92%. Untuk hasil belajar memperoleh persentase siklus I 56%, siklus II 68% dan siklus III 96%. Data hasil kelompok memperoleh persentase siklus I 67.5%, siklus II 87.5% dan siklus III 97.5%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips tentang persebaran sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Motivasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 15:06
Last Modified: 02 Aug 2016 15:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7422

Actions (login required)

View Item View Item