PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD

RIZKI MULYA ANUGRAH, 115060241 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (56kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
MOTTO.doc
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INDO DAN B.INGGRIS.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I JADIIII.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
HASIL PENELITIAN HAL 89.docx
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas terhadap siswa beraneka ragam, mulai dari pemberian metode yang kurang tepat sampai dengan kurangnya sikap percaya diri siswa ketika mengikuti proses pembelajaran di kelas. Untuk menjawab permasalahan di atas, maka seorang guru perlu mengadakan penelitian tindakan kelas sebagai sarana untuk menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya, dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning. Adapun tujuan umum penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari model problem based learning . Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan melalui penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Panundaan Pada Pembelajaran IPS dengan materi tentang Peta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I dengan rata-rata pencapaian nilai yakni 57.02. Presentase ketuntasan siswa sebesar 54.05 % dan pada siklus II ini mencapai rata-rata nilai 81.62 dan presentase siswa mencapai nilai 91.89 % siswa yang telah tuntas. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning sangat menunjang terhadap peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada materi Peta melalui penggunaan model problem based learning memiliki dampak positif. Kata kunci : problem based learning, sikap percaya diri, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Aug 2016 14:55
Last Modified: 02 Aug 2016 14:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item