CITRA JUWITA SARI, 115060104 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (49kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (13kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II citra.docx Download (65kB) |
|
Text
BAB III skripsi citra.docx Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V kesimpulan.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa selama dan sesudah proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa,yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams-Achievement Division. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, motivasi belajar, dan untuk mengetahui hasil peningkatan hasil belajar siswa tentang proses kegiatan pembelajaran IPS pada siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus tindakan. Setiap tindakan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan hasil belajar. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan pretest terlebih dahulu pada siswa. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada siklus I dan II mengalami peningkatan dalam aspek motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun rata-rata nilai siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 72,16, peningkatan yang terjadi pada siklus II sebesar 84,98. Dengan demikian, bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams-Achievement Division mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cibarengkok kec. Cipatat kab. Bandung Barat. Kesimpulannya, penelitian yang dilakukan oleh peneliti sangat baik serta hasil belajar yang diperoleh siswa pun memuaskan dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams-Achievement Divisions pada siswa kelas V SDN Cibarengkok Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Metode Pembelajaran Tipe Student Teams-Achievement Division
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 14:29 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 14:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7419 |
Actions (login required)
View Item |