Andini Elia Widya, 205060115 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (779kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika peserta didik yang masih rendah, penyebabnya ialah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh model TGT berbantuan wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek yang digunakan penelitian ini ialah kelas I SDN 1 Tagog Apu yang terdiri dari 2 kelas yaitu I A sebagai kelas eksperimen dan I B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 74 peserta didik. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas I di SDN 1 Tagog Apu. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data menggunakan IBM SPSS 27, yaitu (1) gambaran proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, dilakukan analisis dengan uji t menunjukkan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05. (3) terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 80,43% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 49,79% dengan kategori sedang, dan (4) besar pengaruh penelitian ini sebesar 0,72 dengan interpretasi sedang. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Wordwall, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 07:43 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 07:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74050 |
Actions (login required)
View Item |