Magfira Linka Rizky, 205060003 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen untuk Peserta Didik kelas V di SDN Dayeuhkolot 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara peserta didik yang dimana sebagian besar peserta didik kelas V dalam keterampilan berbicara masih rendah dikarenakan intonasi yang kurang tepat dan kurang rasa percaya diri, rendahnya keterampilan berbicara disebabkan oleh kurangnya antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model cooperative tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas V di SDN Dayeuhkolot 02 Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Dayeuhkolot 02. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VA sebanyak 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 19 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan rubrik penilaian keterampilan berbicara yang telah divalidasi menggunakan pendapat ahli (judgment expert). Oleh karena itu, data pada penelitian ini dapat dilihat dari uji hipotesis pada Sig (2-tailed) sebesar 0,001 yaitu kurang dari 0,05 dan pada uji gain kelas eksperimen memiliki peningkatan 70 % dan pada kelas kontrol hanya 61%. Dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 65,75 pada kelas kontrol sebesar 64,47, selain itu juga dapat dilihat dari hasil nilai data postest pada kelas eksperimen nilai rata-rata postest sebesar 85,75 sedangkan pada nilai postest kelas kontrol sebesar 78,42. Berdasarkan pada uji effect size untuk menghitung seberapa pengaruh keterampilan berbicara pada kelas eksperimen yaitu berpengaruh hasil data effect size yang diolah yaitu sebesar 1,00. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box sangat berpengaruh untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas V SDN Dayeuhkolot 02. Kata Kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran cooperative tipe talking stick, media mystery box, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:36 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72563 |
Actions (login required)
View Item |