LATHIFAH DINAN NADIA, 205060092 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 2 Lembang, Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar peserta didik yang masih rendah, penyebabnya ialah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta masih jarang menggunakan model dan media yang variatif. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik, dan (4) mengetahui seberapa besar pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model STAD berbantuan media ular tangga dan kelas IV A sebagai kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan jumlah 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar matematika berupa pretest dan posttest, sedangkan non-tes berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25, adalah (1) gambaran proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata posttest antara kelas kontrol dan eksperimen menggunakan uji-t non parametic menunjukan hasil Asymp. Sig. sebesar 0,004 < 0,05. (3) terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 64,76% dengan kategori sedang, (4) besar pengaruh penelitian ini sebesar 1,13 dengan kategori besar Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe STAD. Dengan demikian dapat di simpilkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Kata Kunci: STAD, MEDIA ULAR TANGGA, HASIL BELAJAR
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:32 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72562 |
Actions (login required)
View Item |