PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SD Negeri Kordon II Kab. Bandung)

JULIYANTI NUR HALIMAH, 195060163 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V SD Negeri Kordon II Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pembelajaran yang kurang tepat terlalu teacher center, kurangnya konsentrasi peserta didik dalam belajar, penggunaan media yang kurang maksimal dalam penyampaian materi pembelajaran, tidak semua peserta didik memperhatikan penjelasan guru karena kurangnya menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran sebagai alat untuk menghindari kebosanan peserta didik dan bisa menarik minat peserta didik belajar, kurangnya motivasi dan pendekatan sehingga rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar IPA antara kelas konvensional dengan kelas yang diberikan perlakuan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri Kordon II yang terdiri dari kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 50 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini ialah menggunakan tes. Tes berupa pretest dan posttest yang diberikan kepada masingmasing kelas sampel penelitian dengan soal yang sama. Setelah data hasil tes didapatkan, peneliti melakukan analisis data dan menunjukkan bahwa rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji Independent Samples Test dengan bantuan aplikasi SPSS 26, didapat hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 1,16 dengan interpretasi dalam kategori kuat, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:45
Last Modified: 15 Oct 2024 07:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72558

Actions (login required)

View Item View Item