Putri Vicky Aditiana Dwi, 205060139 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif dan pemahaman siswa di SD Negeri 210 Babakan Sinyar, serta masih perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran yang diperlukan dimasa sekarang ini yaitu adanya sebuah pengembangan model pembelajaran yang relevan dan tidak hanya berpatok pada buku atau guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan wordwall terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa Sekolah Dasar Negeri 210 Babakan Sinyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen tipe kuasi eksperimen tipe non equivalent contol group design. Populasi penelitian ini adalah 27 peserta didik II A (eksperimen) dan 28 peserta didik kelas II B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest posttest, lembar observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t tes, uji effect size, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil uji independent t test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,004, dan terdapat peningkatakan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Serta terdapat peningkayakan yang signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Kata Kunci : Berpikir Kreatif matematika, Project Based Learning (PjBL), media Wordwall Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72541 |
Actions (login required)
View Item |