WIDIANTO EDI, 205060205 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR KELAS IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis di Indonesia menjadi masalah yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Mengingat kemampuan berpikir kritis di Indonesia masih rendah berdasarkan hasil survei Kemampuan berpikir kritis di Indonesia masih tergolong rendah. Survei yang dilakukan oleh Programme for International Students Assessment (PISA) menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat 60 dari 65 negara tahun 2009, ke 64 dari 65 negara tahun 2012, dan ke 69 dari 75 negara tahun 2015, ke 72 dari 77 negara tahun 2019. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peserta didik di Indonesia belum terlatih untuk berpikir kritis .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbantuan aplikasi Canva terhadap peningkatan penguasaan konsep pembelajaran IPAS peserta didik di SDN 136 Sukawarna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment tipe nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes 10 soal esai dengan hasil uji instumen terdapat 10 soal esai siap pakai. Berdasarkan hasil yang sudah peneliti analisis pada data kemampuan penguasaan konsep pada peserta didik menggunakan uji N-gain Score pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil uji N-gain rata-rata kelas eksperimen yaitu 63%. Terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri berbasis media Canva terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan dari hasil perhitungan menggunakan uji Paired Sample TTest didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan uji hipotesis yang sudah dianalisis, dengan keputusan Ho ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan aplikasi Canva terhadap peningkatan kemampuan penguasaan konsep IPAS di kelas IV di SDN 136 Sukawarna Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, berpikir kritis, Canva
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 06:46 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72506 |
Actions (login required)
View Item |