Herliansyah, Orryvya (2024) DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA MELALUI KAMPANYE ‘WONDERFUL INDONESIA’ DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN AUSTRALIA KE INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengujian.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
Abstract
Indonesia dikenal sebagai destinasi pariwisata yang menarik karena keanekaragaman wisata, budaya yang kaya, dan keramahan penduduk lokal. Kampanye "Wonderful Indonesia" dirancang untuk mempromosikan daya tarik ini, tidak hanya kepada wisatawan global tetapi juga kepada pelaku industri pariwisata, investor, dan komunitas internasional yang tertarik dengan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Penelitian ini berfokus pada diplomasi budaya dalam meningkatkan kunjungan turis dari Australia, karena hubungan historis dan geopolitiknya yang erat dengan Indonesia serta potensinya sebagai pasar wisatawan yang terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas kampanye "Wonderful Indonesia" dalam mempromosikan budaya Indonesia dan menarik wisatawan dari Australia, mengidentifikasi strategi diplomasi budaya yang digunakan, serta menganalisis hubungan antara kampanye tersebut dengan peningkatan kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk memahami bagaimana Indonesia mempromosikan budayanya guna meningkatkan kunjungan wisatawan Australia melalui kampanye diplomasi "Wonderful Indonesia". Penelitian ini menemukan bahwa Indonesia menggunakan berbagai strategi diplomasi budaya, termasuk promosi nilai, tradisi, dan identitas budaya di panggung internasional, peran aktif pemerintah dalam perumusan strategi dan pembangunan kemitraan, serta pemanfaatan hubungan dan jaringan dengan Australia. Serta berbagai dukungan dari banyak pihak seperti pemerintah dan diaspora Indonesia di Australia yang turut serta dalam mendukung kampanye “Wonderful Indonesia” di Australia yang dinilai mampu meningkat kunjungan wisatawan Australia untuk mengunjungi tempat wisatawan populer yang masuk ke dalam 10 Tempat wisatawan prioritas yang ditawarkan melalui kampanye “Wonderful Indonesia”. Langkah-langkah praktis seperti kampanye terencana, penggunaan media sosial, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, dan evaluasi berkelanjutan juga diterapkan. Data menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia mengalami peningkatan signifikan dari bulan Januari hingga Mei 2024, dengan puncaknya pada bulan Mei mencapai 137.200 kunjungan. Hal ini mengindikasikan bahwa strategi diplomasi budaya melalui promosi pariwisata yang intensif dan berkelanjutan efektif dalam menarik minat wisatawan Australia, meskipun terdapat variasi jumlah kunjungan setiap bulannya. Kata Kunci: Wonderful Indonesia, diplomasi budaya, pariwisata, Australia, promosi budaya, hubungan bilateral.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 01:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72326 |
Actions (login required)
View Item |