SYARANI FADILA SALMA, 205060099 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA POP UP TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri 2 Lembang, Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan pemahaman peserta didik yang masih rendah, penyebabnya ialah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman peserta didik, (3) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik, dan (4) mengetahui seberapa besar pengaruh model NHT berbantuan media Pop Up terhadap kemampuan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek yang digunakan penelitian ini ialah kelas IV SDN 2 Lembang yang terdiri dari 2 kelas yaitu IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 60 peserta didik. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemahaman peserta didik kelas IV di SDN 2 Lembang. Hal tersebut dapat dilihat dari analisis data menggunakan IBM SPSS 25, yaitu (1) gambaran proses pembelajaran berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, dilakukan analisis dengan uji t menunjukkan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman pada kelas eksperimen sebesar 69,78% dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 27,07% dengan kategori rendah, dan (4) besar pengaruh penelitian ini sebesar 1,18 dengan interpretasi besar. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT berbantuan media Pop Up terhadap kemampuan pemahaman peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman, Numbered Heads Together, Pop Up
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 07:28 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72295 |
Actions (login required)
View Item |