Rachman Adisty Citra Aliyya, 205060106 (2024) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep kelas V SDN Babakan Pari Kab. Bandung Barat T.A 2023/2024 dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, serta model pembelajaran yangmasih sangat minim. hal ini menjadikan peserta didik hanya sebagai penerima materi dan pembelajaran pasif yang tidak melibatkanpeserta didik dalam proses pembelajaran. tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model Game Based Learning berbantuan Wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas V SDN Babakan Pari. penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan kelompok pembanding. Populasi dari penelitian ini adalah seluruhpeserta didik kelas V SDN Babakan Pari sebanyak 52 peserta didik sampel dari penelitian iqni terdiri dari dua kelompok diantaranya VA terdiri 25 sebagai kelas kontrol, sedangkan VB terdiri dari 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen. hasil penelitian ini dengan menggunakan model Game Based Learning, diperoleh data bahwa dari pertemuan serta hingga pertemuan satu hingga pertemuan ke 4 dilaksanakan dengan baik dengan perolehan nilai denganperoleh Pada kelas eksperimen, sebelum perlakuan (nilai pretest), terdapat 25 peserta didik valid dengan skor rata-rata 60,6, simpangan baku 12,81, nilai minimum 40, dan nilai maksimum 80. Setelah perlakuan (nilai posttest), jumlah responden tetap 25, dengan skor rata-rata 82,8, simpangan baku 7,73, nilai minimum 82,8, dan nilai maksimum 100. Pada kelas kontrol, sebelum perlakuan (nilai pretest), terdapat 27 responden valid dengan skor rata-rata 58,2, simpangan baku 13,5, nilai minimum 40, dan nilai maksimum 80. Setelah perlakuan (nilai posttest), terdapat 27 responden valid dengan skor rata-rata 77,3, simpangan baku 7,50, nilai minimum 60, dan nilai maksimum 95. Hasil uji t menunjukkan nilai t sebesar 7.89 dengan pvalue < 0.05, yang berarti peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Nilai t hitung (7.89) lebih besar dari nilai t tabel (2.045) pada taraf signifikansi 5%, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan peningkatan terhadap pemahaman konsep peserta didik dengan menggunakan model Game Based Learning berpengaruh berhasil. Kata Kunci: Model Game Based Laerning, Wordwall, Pemahaman Konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72227 |
Actions (login required)
View Item |