SISKA EKA CHYNTIA, 115060296 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN TILIL 4 DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERMASALAHAN SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
SAMPUL.docx Download (34kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (27kB) |
|
Text
ABSTRACT.docx Download (26kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
UNGKAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (28kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
Abstract
Temuan berdasarkan observasi yang dilakukan di SDN Tilil 4 Kota Bandung menunjukkan hasil belajar siswa pada materi permasalahan sosial relatif rendah dikarenakan proses pembelajaran yang berjalan terkesan monoton sebab penggunaan metode konvensional, hal ini membatasi keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta penilaian pada materi permasalahan sosial kelas IV SDN Tilil 4 Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan analisi data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I mendapat perolehan nilai sebesar 3,2 meningkat pada siklus II sebesar 3,7; (2) Pelaksanaan Pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi permasalahan sosial. Hal ini didukung dengan hasil aktivitas guru yang pada siklus I mendapat persentase sebesar 82,4% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Serta aktivitas siswa yang pada siklus I mendapat perolehan persentase sebesar 84,6% meningkat menjadi 100% pada siklus II; (3) Hasil belajar dan motivasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang pada siklus I sebesar 79,4 meningkat menjadi 88,1 pada siklus II. Sementara itu, peningkatan motivasi belajar siswa dapat terlihat dari siklus I yang mendapat perolehan rata-rata sebesar 8,4 menjadi 10 pada siklus II. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe make a match, motivasi siswa, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 15:56 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 15:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7213 |
Actions (login required)
View Item |