Salsabila, Suci (2024) ANALISIS TEKS KOMUNIKASI AFIRMASI PADA BUKU QURANIC LAW OF ATTRACTION DALAM PERESPEKTIF AL-QURAN KARYA RUSDIN S.RAUF. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Teks Komunikasi Afirmasi pada Buku Quranic Law of Attraction dalam Perespektif Al-Quran Karya Rusdin S.Rauf.” Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dari denotasi, konotasi, mitos, konsep dari teori semiotika Roland barthes. Sehingga dapat diketahui pemaknaan dari Kebahagiaan dan Kesuksesan yang terdapat di dalam Buku Quranic Law of Attraction karya Rusdin S.Rauf. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif, Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, dokumentasi serta wawancara mendalam. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan dengan pendekatan kebahasaan, psikologis dan analisis filosofis. Pembahasan pertama fukus pada proses rumusan konsep Law of Attraction dalam Al-Quran, kemudian mencari keterkaitan ayat yang berhubungan dengan konsep Law of Attraction di dalam buku Quranic Law of Attraction. Al-Qur’an adalah komunikasi dari sang Pencipta Allah Swt kepada Rasul- Nya Muhammad SAW, melalui firman yang di turunkan di setiap ayat-ayat yang terkandung di dalamnya, ayat Al-Quran’an adalah komunikasi antar manusia dengan Tuhan; antara manusia dengan manusia; dan antar manusia dengan alam semesta. Tiga konteks pengkajian komunikasi persfektif islam, pesan yang disampaikan memiliki makna dan tujuan. dari tujuan penelitian ini peneliti menunjukan bahwa ada nilai-nilai pemaknaan dan tujuan yang terdapat dalam Buku “Quranic Law of Attrction” karya Rusdin S.Rauf. dalam hal ini mengacu kepada 3 pilar, antara lain: Doa (Komunikasi Afirmasi); Syukur (Ketenangan, Kebahagiaan); Sabar (Baik sangka, Takwa, Kesuksesan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Law of Attraction membantu pembentukan karakter manusia, karakter itu berasal dari sebuah kebiasaan serta tindakannya. Dan tindakannya berasal dari pikirannya yang bermuara dari perasaannya. Nasib, karakter, kebiasaan, dan tindakan adalah sesuatu “yang tampak”. Sementara pikiran dan perasaan adalah energi kuantum “yang tidak tampak. Dari energi inilah Komunikasi Afirmasi mengarahkan teknologi aktivasi kekuatan hati untuk menuntun transformasi pola pikir di era perkembangan zaman. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa komunikasi manusia itu perlu di arahkan dengan metode Komuniaksi Afirmasi manusia bisa lebih terarah dan mengenali dirinya. “Siapa yang mengenal dirinya ia akan mengenal Tuhannya.” Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci : Law of Attracation (Hukum Tarik-Menarik), Perspektif Al-Qur’an, Semiotika.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72088 |
Actions (login required)
View Item |