PURWANDINI SUCI SUKMA, 205060047 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Exsperimen di Kelas IV SDN 227 Margahayu Utara). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa di SDN 227 Margahayu Utara tahun ajaran 2023/2024. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS siswa di SDN 227 Margahayu Utara dikarenakan siswa menganggap pembelajaran IPAS merupakan pelajaran yang membosankan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Penelitia ini ditujukkan kepada siswa kelas IV di SDN 227 Margahayu Utara tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 56 orang siswa dengan jumlah 28 siswa pada kelas IV-C dan 28 siswa pada kelas IV-D. sampel penelitian yang diambil yaitu dengan teknik sampel jenuh dengan diambil dua kelas yaitu kelas IV-C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-D sebagai Kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pembelajaran sesuai dengan media audio visual, peningkatan hasil belajar IPAS yang menggunakan media audio visual lebih tinggi dibanding menggunakan pemebelajaran konvensional. Serta berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata dikelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: IPAS, hasil belajar, media audio visual
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72059 |
Actions (login required)
View Item |