PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 SAGULING ( Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saguling Tahun Ajaran 2024/2025 )

Sidiq Ahmad Naufa, 205020061 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 1 SAGULING ( Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Saguling Tahun Ajaran 2024/2025 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kelas eksperimen, apakah terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol, serta peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Metode yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Saguling, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan X-E sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan instrumen tes, lembar wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning sebesar 54,81 dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning sebesar 85,03. Kelompok kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 54,25 dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 69,48. Adapun peningkatan yang diperoleh keterampilan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dengan mean 30,22 lebih dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelompok kontrol 15,22. Maka, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada beberapa pihak yang terkait yaitu diharapkan hasil penelitian memberikan gambaran untuk menerapkan model pembelajaran project based learning karena mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 01:22
Last Modified: 04 Oct 2024 01:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71979

Actions (login required)

View Item View Item