FAZRI SEFTIANI NURUL, 205020057 (2024) PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada peserta didik kelas XI IPS tahun ajaran 2024- 2025 di Sekolah Menengah Atas Pasundan 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efektivitas penggunaaan media belajar dan ketersediaan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan wawancara. Subjek yang menjadi fokus pada penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Pasundan 4 Bandung yang berjumlah 54 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) nilai rata-rata skor 3,70 dengan persentase 73,87%, mengidentifikasikan bahwa sebagian besar merasa penggunaan media belajar pada saat mata pelajaran ekonomi dapat dikatakan baik; (ii) nilai rata-rata 3,67 dengan persentase 73,37%. mengidentifikasikan bahwa fasilitas belajar pada saat mata pelajaran ekonomi dapat dikatakan baik; (iii) nilai rata-rata skor 3,61 dengan persentase 72,2% mengindikasikan bahwa sebagian besar peserta memiliki motivasi belajar dalam kategori baik; (iv) hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 0,160, Kontribusi yang diberikan oleh variabel Fasilitas belajar dapat dilihat dari Adjusted R Square sebesar 2,6% terhadap variabel motivasi belajar yang mengidentifikasikan pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dapat dikatakan sangat rendah; (v) hasil hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R sebesar 0,617, dimana besar dari kontribusi yang diberikan oleh variabel media belajar dapat dilihat dari Adjusted R Square sebesar 38,1% terhadap variabel motivasi belajar yang mengidentifikasikan pengaruh media belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dapat dikatakan rendah; (vi) diperoleh nilai R sebesar 0,624 dengan kontribusi yang diberikan oleh variabel media belajar (X1) dan fasilitas belajar (X2) dapat dilihat dari R Square sebesar 38,9% terhadap variabel motivasi belajar yang mengidentifikasikan pengaruh penggunaan media belajar dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi dapat dikatakan rendah. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada peserta didik agar menyadari pentingnya motivasi belajar yang baik, saran bagi sekolah perlu adanya upaya terus-menerus untuk menjaga dan meningkatkan media belajar dan fasilittas belajar, saran bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan kajian lebih lanjut serta mencari teori yang lebih mendalam sebagai referensi yang berkaitan dengan penelitian ini, saran bagi pendidik untuk memastikan bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan secara maksimal dengan menggunakan media belajar yang relevan, dan saran bagi orang tua diharapkan untuk memegang peran sentral dalam menjaga motivasi belajar peserta didik. Kata kunci :Media Belajar, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:16 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71976 |
Actions (login required)
View Item |