Erviyani Elsa, 205020063 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP DISIPLIN BELAJAR (Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPS dan X IPA Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Pasundan 4 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS dan X IPA di SMA Pasundan 4 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Hasil penelitian menunjukan : (i) motivasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,51, (ii) self efficacy peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,46, (iii) disiplin belajar peserta didik termasuk dalam kategorisangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,36, (iv) secara persial motivasi belajar memberikan pengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikan 0,031, (v) secara persial self efficacy memberikan pengaruh positif terhadap disiplin belajar dengan nilai signifikan 0,000 (vi) terdapat pengaruh motivasi belajar dan self efficacy terhadap disiplin belajar yang termasuk dalam tingkat cukup kuat, dengan nilai R Square sebesar 47,7%. Hal ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar dan selfefficacy yang tinggi memiliki pengaruh positif terhadap disiplin belajar. Peneliti menyampaikan saran bagi peserta didik yaitu lebih meningkatkan motivasi belajar dan self efficacy agar mendapatkan disiplin yang baik dalam belajar, saran bagi guru yaitu memperhatikan kembali dan membantu meningkatkan motivasi belajar dan self efficacy agar disiplin belajar berjalan dengan baik, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat meneliti pada bidang yang sama pada kelas yang berbeda juga di sekolah yang berbeda pula. Kata kunci : Motivasi Belajar, Self Efficacy, Disiplin Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 01:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71967 |
Actions (login required)
View Item |