SUKMA LESTARI SARASWATI, 115060131 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER HALAMAN AWAL.docx Download (44kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK SUKMA.docx Download (13kB) |
|
Text
ABSTRACT FIX SUKMA.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SEMUA.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
BAB I FIX GANTI SD.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II FIX BANGET.docx Download (465kB) |
|
Text
BAB III SUKMA.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
BAB IV SUKMA.docx Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
BAB V SUKMA FIX.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SEMUA.docx Download (19kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukaasih Desa Pangguh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung pada pembelajaran IPS tentang keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah sumber belajar yang hanya terpaku pada buku saja, kurangnya kreatifitas guru dalam memilih metode dan model pembelajaran, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga tidak menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berguna untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2008: 105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak tiga siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh skor sebesar 3.4, siklus II 3.6 dan siklus III 3.8. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai skor sebesar 3.4, siklus II 3.6 dan siklus III 3.8. Adapun nilai hasil kerjasama memperoleh persentase siklus I 40%, siklus II 72% dan siklus III 92%. Untuk hasil belajar memperoleh persentase siklus I 60%, siklu(s II 68% dan siklus III 96%. Data hasil kelompok memperoleh persentase siklus I 67.5%, siklus II 87.5% dan siklus III 97.5%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan kejasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ips tentang keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Kerjasama dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 12:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 12:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7127 |
Actions (login required)
View Item |