ASEP HERDIANSAH, 115060340 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN MAKANAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. Cover Skripsi.docx Download (54kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
3. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTA1.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (45kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
1. DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
2. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa kelas IV pada materi penggolongan makanan hewan dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) di SDN Babakancianjur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Penelitian bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan. kriteria kerberhasilan dalam penelitian ini yaitu jika hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan kerjasama siswa dalam kelompok. Siklus I rata-rata persentase 61%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 100%. Serta hasil lembar observasi siswa nilai karakter dan aspek afektif psikomotor siswa menunjukkan peningkatan dan memiliki kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas IV dalam pelajaran IPA materi penggolongan makanan hewan. Diharapkan guru dapat mencoba mengkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran tersebut tentang pokok bahasan lainnya pada pembelajaran IPA dalam upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Kerjasama.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 12:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 12:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7118 |
Actions (login required)
View Item |