DESVIANA LENA, 205030100 (2024) PENERAPAN METODE KWL (KNOW WANT LEARN) BERBANTUAN MEDIA FISHBONE DIAGRAM DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang telah terjadi yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca teks eksposisi. Teks eksposisi berisikan ide pokok masalah, struktur teks eksposisi yaitu; pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang, kaidah kebahasaan yaitu; kata teknis, kata kerja mental, kata rujukan, kata persuasif, kata hubngan waktu, dan kata hubungan penyebaban. Berdasarkan hal tersebut, penulis membuat penelitian ini untuk menguji kemampuan peserta didik pada pembelajaran membaca teks eksposisinya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode KWL (Know Want Learn) berbantuan media fishbone diagram. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran membaca teks eksposisi 2) peserta didik kelas X Pasundan 2 Bandung mampu membaca teks eksposisi. 3) metode KWL (Know Want Learn) berbantuan media fishbone diagram efektif digunakan. Hal ini didukung dengan nilai ratarata pretest sebesar 46,33 dan posttest sebesar 74.45 dan berdasarkan perhitungan statistik dengan signifikasi sebesar 0,001 < 0,05. 4) terdapat perbedaan kemampuan membaca teks eksposisi dengan menggunakan metode KWL berbantuan media fishbone diagram di kelas eksperimen dengan peserta didik menggunakan metode diskusi di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode KWL berbantuan media fishbone diagram efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks eksposisi. Kata Kunci: fishbone diagram, membaca , metode KWL, pembelajaran, teks eksposisi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 08:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71120 |
Actions (login required)
View Item |