Qasthalani Aulia Lathifah, 205020051 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 27 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran kelangkaan sebagai inti dari masalah ilmu ekonomi mata pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan metode Numbered Head Together, adakah perbedaan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran kelangkaan sebagai inti dari masalah ilmu ekonomi dalam mata pelajaran ekonomi dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung, serta seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah menerapkan model Problem Based Learning berbantuan metode Numbered Head Together pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain nonequipalent control. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode Numbered Head Together 55,92 dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode Numbered Head Together 86,08. Kelompok kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran langsung 55,51 dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung 70,23. Adapun peningkatan yang diperoleh hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan mean 30,18 lebih dari peningkatan hasil belajar siswa kelompok kontrol 14,78. Sebagai akhir penelitian penulis menyarankan saran kepada guru sebagai bahan evaluasi pendidikan untuk membangkitkan model pembelajaran inovatif. Bagi siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan metode Numbered Head Together. Bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi untuk penelitian sejenis. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Metode Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71102 |
Actions (login required)
View Item |