PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 27 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024)

Permana Aji, 205020027 (2024) PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 27 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran alat pembayaran mata pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah menggunakan model Inquiry Learning, adakah perbedaan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran alat pembayaran dalam mata pelajaran ekonomi dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung, serta seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah menerapkan model Inquiry Learning pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain nonequipalent control. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning 55,84 dan sesudah menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning 82,84. Kelompok kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran langsung 56,25 dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung 69,39. Adapun peningkatan yang diperoleh hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan mean 27,00 lebih dari peningkatan hasil belajar siswa kelompok kontrol 13,19. Sebagai akhir penelitian penulis menyarankan saran kepada guru sebagai bahan evaluasi pendidikan untuk membangkitkan model pembelajaran inovatif. Bagi siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Inquiry Learning. Bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi untuk penelitian sejenis. Kata Kunci: Penerapan Model Inquiry Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:18
Last Modified: 02 Oct 2024 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71101

Actions (login required)

View Item View Item