Permana Aji, 205020027 (2024) PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 27 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran alat pembayaran mata pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah menggunakan model Inquiry Learning, adakah perbedaan hasil belajar siswa di kelompok eksperimen pada pembelajaran alat pembayaran dalam mata pelajaran ekonomi dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung, serta seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah menerapkan model Inquiry Learning pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain nonequipalent control. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning 55,84 dan sesudah menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning 82,84. Kelompok kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran langsung 56,25 dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung 69,39. Adapun peningkatan yang diperoleh hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan mean 27,00 lebih dari peningkatan hasil belajar siswa kelompok kontrol 13,19. Sebagai akhir penelitian penulis menyarankan saran kepada guru sebagai bahan evaluasi pendidikan untuk membangkitkan model pembelajaran inovatif. Bagi siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Inquiry Learning. Bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi untuk penelitian sejenis. Kata Kunci: Penerapan Model Inquiry Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:18 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71101 |
Actions (login required)
View Item |