FAUZIA NURUL HANIFA, 115060275 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (41kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (14kB) |
|
Text
Abstract.docx Download (11kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (300kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada konsep IPA materi Bumi dan Alam Semesta di sekolah dasar khusunya di kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi di kelas III SDN 2 Kondangsari Kabupaten Cirebon yang menggambarkan keaktifan siswa kelas III khususnya masih rendah dan lebih banyak aktif bermain sendiri dibandingkan mendengarkan penjelasan guru dengan tidak terpenuhinya KKM yang telah ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, didapat data bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas III SDN 2 Kondangsari Kabupaten Cirebon. Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase keaktifan dan prestasi belajar setiap siklusnya. Pada siklus I persentase peningkatan keaktifan siswa yang diperoleh sebesar 72%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan keaktifan siswa diperoleh sebesar 82%, terjadi peningkatan sebesar 10% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Pada siklus I persentase peningkatan prestasi belajar yang diperoleh sebesar 67.2%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan prestasi belajar diperoleh sebesar 84%, terjadi peningkatan sebesar 16.8% sehingga termasuk ke dalam kategori baik. Persentase peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ini menunjukkan bahwa setiap siklusnya selalu ada perubahan pada siswa yang meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada konsep IPA materi Bumi dan Alam Semesta di kelas III SDN 2 Kondangsari Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: 1. Model Problem Based Learning 2. Keaktifan Siswa 3. Perstasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 18:26 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 18:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7107 |
Actions (login required)
View Item |